Sunday

SEKILAS PENGETAHUN MENGENAI ASURANSI


Setiap bagian kehidupan manusia selalu mengandung resiko, baik resiko yang bisa terjadi kapan saja maupun resiko yang tak disangka-sangka sebelumnya. Kejadian alam, musibah dalam rumah, kecelakaan di jalan dan sebagainya merupakan sebuah resiko dalam kehidupan manusia yang bisa memakan korban jiwa dan korban harta. 


Belakangan ini, untuk mengatasi resiko dan kerugian yang timbul dalam kehidupan manusia, telah dikembangkan sebuah mekanisme yang disebut dengan asuransi. Asuransi pada dasarnya adalah suatu kontrak perjanjian yang sah antara perusahaan asuransi sebagai penanggung dengan pihak lain yang  memanfaatkan jasanya sebagai tertanggung. Di dalam perjanjian ini, pihak perusahaan bersedia menanggung sejumlah kerugian yang kemungkinan bisa timbul di masa datang dengan imbalan bayaran tertentu (premi) yang dibayarkan tertanggung secara periodik.   

Ada banyak bisnis keuangan dan asuransi yang berkembang di Indonesia. Diantaranya Prudential Indonesia, Sinar Mas, Axa Life, Bumi Putra dll. Perusahaan-perusahaan ini mempunyai beberapa kantor pemasaran di kota-kota besar Indonesia dan biasanya berkantor pusat di Jakarta. Produk yang ditawarkan sangat banyak dan disesuaikan dengan semua tahap kehidupan. Mulai dari asuransi pendidikan, kesehatan, hingga masa pensiun. 

Secara garis besar produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi adalah proteksi, asuransi terkait investasi dan asuransi tambahan. Penjelasan masing-masing adalah sebagai berikut : 
 
1.      Proteksi
Produk proteksi dari asuransi adalah produk yang memberikan perlindungan asuransi jiwa bagi para nasabahnya. Mulai dari asuransi masa tua, asuransi jika meninggal sewaktu-waktu, asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan dan lain sebagainya.

2.      Asuransi Terkait Investasi
Merupakan produk asuransi yang bisa digunakan untuk investasi di masa mendatang. Tentunya dengan syarat dan ketentuan tertentu sesuai dengan jenisnya.

3.      Asuransi Tambahan
Produk yang ditawarkan oleh prudential sebagai asuransi tambahan sangat banyak dan bervariasi. Nasabah dapat memilih salah satu produk asuransi yang ditawarkan atau memilih kombinasi beberapa asuransi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

No comments: