Monday

APA ITU PENYAKIT MIOM DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA


Apakah anda ingin mengetahui apa itu penyakit Miom ??  Dan bagaimana mengatasinya?? Berikut ulasannya : 

Miom atau yang dikenal dengan nama mioma, uteri fibroid, dan leiomioma adalah nama dari sel otot rahim yang  tumbuh sedikit demi sedikit secara tidak normal. Sel otot rahim tersebut akhirnya membentuk tumor jinak di dalam rahim. Meskipun tidak berkembang secara ganas, namun keberadaannya yang di dalam rahim tetaplah mengganggu. 






Jenis penyakit pada organ wanita yang harus diwaspadai adalah kista dan miom. Miom sendiri merupakan salah satu jenis penyakit tumor jinak yang tumbuh pada dinding rahim. Jika  membesar tumor ini bisa sampai sebesar buah anggur kecil kecil tapi dalam jumlah yang banyak. 

Baca juga : Solusi Cerdas Menjaga Kesehatan 

Meskipun miom tidak berbahaya dan tidak terlalu beresiko seperti kanker, tapi miom dapat berpengaruh buruk terhadap kehamilan dan menggangu perkembangan janin. Miom yang  tumbuh di leher uterus, bisa mengganggu terjadinya pembuahan dan menyebabkan kemunduran pada wanita. 

Penyebab penyakit miom sampai sekarang belum bisa dipastikan. Dalam beberapa kasus, penyakit miom kebanyakan terjadi pada wanita yang sedang dalam masa reproduksi.  Hal ini dikarenakan miom berkembang saat tubuh mulai memproduksi hormon estrogen. Selama proses kehamilan, miom cenderung tumbuh lebih cepat karena hormon esterogen tersebut. Setelah masa menopause, miom biasanya berhenti tumbuh dan menyusut karena kekurangan hormon estrogen.


Karena keberadaannya yang mengganggu, penyakit miom haruslah dibasmi dan diobati. Untuk mengatasi penyakit Miom ini  ada beberapa cara pengobatan yang bisa ditempuh. Pengobatan tersebut bisa dipilih salah satu atau dilakukan kombinasi supaya lebih maksimal. Adapun pengobatannya adalah :

1. Pengobatan miom dengan menggunakan terapi hormon. 
Pengobatan ini dilakukan untuk mencegah berkembangnya miom di dalam tubuh. Dilakukan oleh ahlinya (biasanya dokter dan paramedis) dengan cara terapi khusus untuk hormon

2. Metode pengobatan herbal,
Pengobatan dengan menggunakan obat herbal memerlukan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan cara pengobatan lainnya, namun pengobatan herbal terbukti lebih aman tanpa efek samping. Obat herbal yang digunakan berasal dari tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang sudah diteliti khasiatnya.

3. Operasi pengangkatan miom 
Bedah operasi adalah salah satu tindakan medis yang banyak dipilih untuk mengobati penyakit miom. Biasanya operasi dilakukan jika gejala yang ditimbulkan semakin parah dan pengobatan menggunakan obat-obatan medis tidak berhasil.
Pada beberapa kasus dan kejadian,  operasi pengangkatan miom disertai dengan pengangkatan rahim secara permanen. Hal itu terpaksa dilakukan jika penyakit miom dianggap sudah mengancam jiwa penderita. Apabila setelah operasi pengangkatan miom masih ditemukan kontra indikasi lain, perlu dilakukan penyinaran dengan menggunakan sinar X (radioterapi) untuk menghilangkan fungsi ovariom.

Baca juga : Gejala Penyakit Jantung koroner dan Penyebabnya

Demikianlah penjelasan tentang penyakit miom dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi semua.