Sunday

BERBAGAI CARA MENGOBATI PENYAKIT SINUSITIS

Sinusitis adalah sebuah nama penyakit radang yang terjadi dibagian sinus atau rongga udara yang berada didaerah wajah. Rongga sinus letaknya ada dibalik tulang wajah dan terhubung dengan hidung.  Saat penyakit sinusitis datang menghampiri, rongga sinus yang normalnya berisi udara dan sedikit lendir akan mengalami peradangan dan membengkak. Pada akhirnya akan memproduksi banyak lendir atau cairan ingus.
Perbedaan dari ingus biasa saat  sedang pilek dan penyakit sinusitis menyerang adalah ingus atau lendir sinusitis tidak bisa keluar dengan lancar. Produksi ingus juga lebih besar dibandingkan pengeluarannya, sehingga pertumbuhan bakteri lebih banyak dan memunculkan berbagai macam gejala sinusitis.

Penyakit sinusitis merupakan penyakit yang berbahaya, terutama jika menyerang anak-anak. Untuk mengobatinya dapat dilakukan dengan melakukan pengobatan alami atau juga pengobatan kimia. Cara pengobatan menggunakan bahan-bahan alami lebih dianjurkan dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit sinusitis :

1. Lidah buaya
Kandungan antiseptik didalam lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati sinusitis. Caranya  adalah dengan meneteskan cairan/lendir lidah buaya ke hidung. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

2. Daun sambiloto
Daun sambiloto mengandung sebuah senyawa yang sangat baik digunakan untuk mengatasi sinusitis. Cara penggunaannya dengan  meminum air rebusan daun sambiloto kering secara rutin, atau juga bisa dengan cara menumbuk daun sambiloto hingga halus. Air hasil tumbukan sambiloto dapat di teteskan langsung pada hidung.

3. Minyak kayu putih
Penyakit sinusitis dapat juga diobati dengan menggunakan minyak kayu putih. Caranya cukup mudah,  siapkan air panas dan tuangkan ke dalam mangkuk lalu teteskan minyak kayu putih ke dalamnya. Uap larutan itu dihirup kencang sampai terasa masuk ke dalam hidung. Uap ini sangat baik untuk mengatasi hidung tersumbat dan sakit flu. Cara lainnya adalah dengan mengusapkan minyak kayu putih langsung ke bagian pelipis, dahi, pipi dan juga dekat hidung. Biarkan indera penciuman menghirup aroma segarnya.


Untuk mengobati penyakit sinusitis dengan cara kimiawi, caranya adalah sebagai berikut :

1. Operasi pengangkatan
Cara mengobati sinusitis dapat dilakukan dengan cara operasi pengangkatan dibagian sinus yang mengalami benjolan.

2. Antibiotik
Antibiotik digunakan sebagai obat anti infeksi. Antibiotik yang diminum harus sesuai dengan anjuran dokter.

3. Dekongestan
Fungsi obat ini adalah membantu meredakan hidung tersumbat. Obat dekongestan dapat diminum secara rutin dan teratur sesuai anjuran dokter untuk mengobati sinusitis.

4. Pereda nyeri
Obat pereda nyeri ini memang tidak digunakan untuk menyembuhkan sinusitis namun dapat membantu meredakan nyeri yang muncul akibat sinusitis yang menyerang.