Pages

Top Menu

Wednesday

APA ITU PENYAKIT SINUSITIS? BERIKUT PENJELASANNYA

Pengertian dan penjelasan tentang penyakit sinusitis akan dijelaskan dalam artikel singkat di bawah ini.
Menurut asal katanya "Sinusitis" berasal dari akar bahasa Latin. Sinus artinya rongga hidung atau rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sedangkan itis adalah istilah umum dalam kedokteran yang artinya peradangan. Sinusitis berarti suatu peradangan yang terjadi di sekitar sinus dan merupakan penyakit umum yang bisa terjadi pada banyak orang dari segala umur.



Di sekitar rongga hidung sendiri sebenarnya terdapat empat macam sinus, yakni : sinus maksilaris (terletak di pipi), sinus frontalis (terletak di dahi), sinus sfenoidalis (terletak di belakang dahi) dan sinus etmoidalis (terletak di kedua mata). Fungsi dari sinus adalah untuk membuka lubang pada hidung dan juga membantu mengendalikan suhu serta kelembapan udara yang masuk ke dalam paru-paru.

Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan pada dinding sinus yang disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri yang menyerang salah satu sinus atau beberapa vinus sekaligus. Pada kondisi biasa, sinus umumnya berisi udara, tetapi ketika bakteri, virus atau jamur menyerang, sinus akan tersumbat dan didalamnya berubah menjadi cairan yang dapat menyebabkan infeksi. Cairan yang dihasilkan oleh sinus akan mengalir ke dalam hidung melalui saluran-saluran kecil di dalamnya. Saluran ini dapat terhalang jika sinus sudah terinfeksi dan mengalami peradangan. Virus atau bakteri yang sering kali menyerang sinus adalah virus flu atau pilek.  Setelah mengalami pilek atau flu, infeksi virus dalam sinus akan berkembang menjadi bakteri sekunder  dan menyebabkan peradangan/sinusitis.

Sifat dari penyakit sinusitis terdiri dari 2 jenis, yakni bersifat akut (dapat menyerang selama kurang lebih tiga minggu) dan bersifat kronis (menyerang selama 3-8 minggu dan bila parah bisa sampai berbulan-bulan dan bertahun-tahun). Gejala umum saat sinusitis menyerang biasanya adalah : sakit kepala, demam tinggi,  hidung tersumbat atau berair, nafas bau, batuk (yang bisa memburuk saat malam), nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan dan kehilangan indera penciuman.

Infeksi yang terus menerus menyerang sinus, akan membuat rongga hidung menyempit bahkan tertutup. Jika makin parah penderita akan kesulitan mengeluarkan ingus/cairan hidung sehingga muncul rasa sakit yang menusuk-nusuk dari dalam. Rasa sakitnya bisa sampai pada bagian atas gigi yang tentu saja teramat menyiksa.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu penyakit sinus. semoga dapat memberi sedikit pencerahan bagi anda.