Skip to main content

GEJALA PENYAKIT JANTUNG KORONER DAN PENYEBABNYA

Penyakit serangan jantung dewasa ini seakan jadi momok tersendiri yang menakutkan setiap orang. Karena sudah banyak sekali kejadian ada orang mati mendadak karena serangan jantung. Serangan jantung adalah salah satu penyakut yang cukup berbahaya karena membuat sel/bagian jantung rusak serta tidak berfungi dengan baik, sehingga menyebabkan kematian.



Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang menyerang jantung dan terjadi karena dinding pembuluh darah rusak. Rusaknya pembuluh darah ini karena mengalami penyempitan sehingga aliran darah menjadi tersumbat dan fungsi jantung terganggu. Seiring perjalanan waktu, karena dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah, arteri-arteri dalam jantung makin sempit dan mengeras sehingga membentuk suatu penyakit jantung koroner.

Umumnya 30 -40% kasus penyakit jantung koroner gejala pertamanya adalah langsung kematian mendadak. Sementara 60% orang yang terkena jantung koroner merasakan sakit di dada seperti ditekan-tekan dan dipukul palu kecil.  Rasa sakit ini kemudian menjalar sampai ke lengan kiri dan juga leher.  Beberapa orang mengalami gejala yang mirip masuk angin, seperti sakit di ulu hati yang diiringi kembung dan denyut nadi yang lemah serta cepat. Kadang-kadang muncul keringat yang berlebihan.

Munculnya penyakit jantung koroner yang dirasakan seperti masuk angin disebabkan pembuluh darah yang menuju ke depan dan ke bawah jantung mengalami penyempitan sehigga merasakan sakit di lambung dan ulu hati.

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Merokok
Merokok memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh karena bisa mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya. Seperti kanker paru paru, jantung, asma, bronkitis dan lain-lain. Merokok dapat menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner karena zat-zat yang ada di dalam rokok tersebut sangat berbahaya bagi jantung. Bukan hanya menghisapnya namun juga orang-orang yang terkena asapnya.

2. Umur
Umur yang sudah lanjut atau tua rentan sekali terkena penyakit, salah satunya jantung koroner.  Jika tidak ingin terkena penyakit jantung koroner di usia lanjut, jagalah kondisi kesehatan tubuh dengan pola makan yang sehat dan juga olahraga.

3. Obesitas
Obesitas atau terjadinya berat badan yang berlebihan (kegemukan) termasuk penyakit yang bisa terjadi pada usia anak anak dan usia dewasa.  ini. Penyakit obesitas ini membuat penderitanya mudah lelah dan ngos ngossan. Jantung juga jadi tidak sehat.

4. Kolesterol tinggi
Bagi orang yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner sangat mudah menghinggapi. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengakibatkan peredaran darah tidak lancar sehingga jantung tidak bisa bekerja maksimal.

5. Stress
Stress yang dialami seseorang dapat membuat berbagai penyakit datang. Salah satunya penyakit jantung koroner. Bila tidak kuat menanganinya, akan membuat penyakit ini semakin parah dan mengancam jiwa.

Waspadailah penyakit jantung koroner ini, jaga kesehatan dan pola makan agar terhindar dari serangan berbagai penyakit.  

Comments

Popular posts from this blog

Hambatan-Hambatan dalam Melaksanakan Pelayanan Publik Di Bidang Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Dan Kartu Keluarga

Dalam melaksanakan kinerjanya, banyak permasalahan yang dihadapi oleh aparatur pemerintah daerah khususnya di Kecamatan Kalitengah dalam pelayanan publik bidang pembuatan KTP dan KK. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan kinerja aparatur pemerintah daerah di Kecamatan Kalitengah dalam pelayanan publik di bidang KTP dan KK dikelompokkan menjadi dua, yaitu : pertama, faktor internal birokrasi publik, kedua, faktor eksternal, yakni berupa dinamika masyarakat dan tumbuh kembangnya masalah yang dihadapi oleh masyarakat sebagai pihak yang dilayani.

Bentuk-Bentuk Pelanggaran Dalam Pemilu

Pelanggaran menurut arti katanya dapat didevinisikan sebagai perbuatan (perkara) yang melanggar peraturan yang ditetapkan (www.artikata.com). Terjadinya pelanggaran dalam setiap kegiatan tidak bisa terhindarkan. Pelanggaran dapat terjadi karena adanya unsur kesengajaan maupun karena kelalaian. Pelanggaran dapat dilakukan banyak pihak bahkan dapat dikatakan semua orang memiliki potensi untuk melakukan pelanggaran. Dalam kegiatan pemilihan umum pelanggaran secara konsep didefinisikan sebagai perbuatan pidana yang tergolong tidak seberat kejahatan (http://www.blogger.com/post-) atau dapat diartikan sebagai perbuatan yang melanggar peraturan dan perundang-undangan dalam pemilu. Potensi pelaku pelanggaran pemilu menurut Undang-Undang pemilu antara lain : Penyelenggara Pemilu yang meliputi anggota

Pelaksanaan Pelayanan Publik Pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga Di Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan

Salah satu fungsi penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah adalah pelayanan publik. Fungsi pelayanan publik ini sangat penting bahkan peranannya sangat besar karena menyangkut kepentingan umum, bahkan kepentingan rakyat secara keseluruhan.
Menurut UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 26 menyebutkan Kecamatan dibentuk di wilayah kabupaten/kota dengan peraturan daerah yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah. Kecamatan dipimpin oleh