Skip to main content

Alasan Palestina Tidak Ada di Google Maps


Mengapa Google Tidak Mencantumkan Palestina Dalam Google Maps, Berikut penjelasannya

Pada akhir bulan juli tahun 2016, ada sebuah fenomena global yang agak menyesakkan dada. Otoritas Google telah menghapus negara Palestina dari layanan peta digital yang dipunyainya yang umum disebut dengan Google Maps. Saat kita mencari nama Palestina di Aplikasi Google Maps Android, kita sekarang tidak akan bisa  menemukannya.

Tidak adanya nama Negara Palestina dalam Google Maps memang tidak begitu berpengaruh bagi rakyat Palestina, namun penghapusan nama ini menimbulkan banyak gelombang protes dari pengguna sosial media. Banyak yang mengira, Google sengaja menghapus nama Palestina sebagai dukungan terhadap negara Israel.

Benarkah demikian ? mengapa Google tidak mencantumkan nama Palestina dalam Google Mapsnya?  Berikut penjelasan dari pihak Google yang dikutip dari berbagai sumber.

Palestina belum masuk sebagai anggota PBB
Masalah tidak adanya nama negara Palestina di Google Maps, berkaitan erat dengan politik internasional.  Dalam membuat peta Online Google Maps, pihak Google mengacu pada keanggotaan yang tercatat dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sudah umum di ketahui status negara Palestina dalam keanggotaan PBB adalah masih observer, belum menjadi anggota penuh, sehingga Google juga tidak berani mencantumkannya.
Pihak Google memberi alasan dengan menautkan penjelasan dari situs Wikipedia. Yang mana dalam Wikipedia disebutkan bahwa 'Palestina' adalah " negara yang kemerdekaannya telah diakui negara-negara lain".  Ini adalah Sebuah istilah yang digunakan oleh  PBB pada tahun 2013.

Penyebutan Tepi Barat dan Jalur Gaza untuk Palestina
Walaupun pada kenyataan sebenarnya, negara Palestina itu ada dan nyata, namun pihak Google sendiri tidak terang-terangan mengakuinya. Meski tidak ada penyebutan nama untuk Negara Palestina di Google Maps, namun untuk menandai wilayah ini pihak Google memberi label nama 'Tepi Barat' dan 'Jalur Gaza."  Jika anda mencoba melakukan pencarian terhadap Palestina pada aplikasi peta online Google Maps, anda akan ditunjukkan sebuah wilayah dengan garis putus-putus berlabel Tepi Barat dan Gaza.

Gelombang protes dari seluruh penjuru dunia mengenai tidak adanya negara Palestina di Google Maps, membuat Google berjanji untuk segera memperbaikinya. Google sendiri mendefinisikan kota di dua wilayah antara Tepi Barat dan Gaza tersebut sebagai bagian dari Palestina.

Comments

  1. wah semoga google segera memperbaikinya :) nice info TFS :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hambatan-Hambatan dalam Melaksanakan Pelayanan Publik Di Bidang Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Dan Kartu Keluarga

Dalam melaksanakan kinerjanya, banyak permasalahan yang dihadapi oleh aparatur pemerintah daerah khususnya di Kecamatan Kalitengah dalam pelayanan publik bidang pembuatan KTP dan KK. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan kinerja aparatur pemerintah daerah di Kecamatan Kalitengah dalam pelayanan publik di bidang KTP dan KK dikelompokkan menjadi dua, yaitu : pertama, faktor internal birokrasi publik, kedua, faktor eksternal, yakni berupa dinamika masyarakat dan tumbuh kembangnya masalah yang dihadapi oleh masyarakat sebagai pihak yang dilayani.

Bentuk-Bentuk Pelanggaran Dalam Pemilu

Pelanggaran menurut arti katanya dapat didevinisikan sebagai perbuatan (perkara) yang melanggar peraturan yang ditetapkan (www.artikata.com). Terjadinya pelanggaran dalam setiap kegiatan tidak bisa terhindarkan. Pelanggaran dapat terjadi karena adanya unsur kesengajaan maupun karena kelalaian. Pelanggaran dapat dilakukan banyak pihak bahkan dapat dikatakan semua orang memiliki potensi untuk melakukan pelanggaran. Dalam kegiatan pemilihan umum pelanggaran secara konsep didefinisikan sebagai perbuatan pidana yang tergolong tidak seberat kejahatan (http://www.blogger.com/post-) atau dapat diartikan sebagai perbuatan yang melanggar peraturan dan perundang-undangan dalam pemilu. Potensi pelaku pelanggaran pemilu menurut Undang-Undang pemilu antara lain : Penyelenggara Pemilu yang meliputi anggota

Pelaksanaan Pelayanan Publik Pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga Di Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan

Salah satu fungsi penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah adalah pelayanan publik. Fungsi pelayanan publik ini sangat penting bahkan peranannya sangat besar karena menyangkut kepentingan umum, bahkan kepentingan rakyat secara keseluruhan.
Menurut UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 26 menyebutkan Kecamatan dibentuk di wilayah kabupaten/kota dengan peraturan daerah yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah. Kecamatan dipimpin oleh